Website Penyedia Informasi Situasi Gunung Agung

Gunung Agung terus Menyemburkan Abu Vulkanik. Foto: Warga

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

[Karangasem] Sejak Gunung Agung mengalami erupsi pada hari Sabtu (25/11), aktivitas vulkanik masih terus berlangsung hingga hari ini (28/11). Dampak aktivitas vulkanik Gunung Agung telah menyebabkan ratusan ribuan warga mengungsi ke daerah yang aman dan ditutupnya Bandara Internasional Ngurah Rai sejak hari Senin (27/11). Tentunya banyak pihak yang membutuhkan informasi terkini mengenai aktivitas vulkanik Gunung Agung dengan berbagai tujuan keamanan dan keselamatan serta sosial seperti untuk menyalurkan bantuan. Berikut adalah website yang wajib dikunjungi untuk memantau informasi terkini dari aktivitas Gunung Agung.

[Baca Semburan Api Dari Kawah Gunung Agung]

1. MAGMA Indonesia (https://magma.vsi.esdm.go.id/)

Tatap Muka Website MAGMA Indonesia. Foto: JN

Tatap Muka Website MAGMA Indonesia. Foto: JN

 

MAGMA Indonesia adalah singkatan dari Multiplatform Application for Geohazard Mitigation and Assesment in Indonesia, merupakan sebuah aplikasi multiplatform (web dan mobile) yang dikembangkan secara mandiri oleh PNS Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Aplikasi ini telah dikembangkan sejak tahun 2015 dengan menggunakan teknologi terkini berbasis open-source. Secara umum, aplikasi ini memuat peta Indonesia yang menampilkan icon-icon Gunung Berapi di Indonesia dengan simbol dan warna yang disesuaikan dengan status gunung berapi tersebut. Saat ini, icon yang berada di atas lokasi Gunung Agung menunjukkan adanya aktivitas Gunung Berapi. Bila icon tersebut di klik, akan menunjukkan informasi data pengamatan visual dan instrumental, tingkat aktivitas (status) dan rekomendasi untuk Gunung Agung.

2. Mt. Agung Realtime Monitoring (http://esscportal.net/mtagung/)

Tatap Muka Website Mt. Agung Realtime Monitoring. Foto: JN

Tatap Muka Website Mt. Agung Realtime Monitoring. Foto: JN

Website Mt. Agung Realtime Monitoring dibangun oleh ESRI, sebuah perusahaan pengembang aplikasi GIS (Geographic Information System) yang berbasis di Amerika Serikat. Fitur yang dimiliki website ini tidak berbeda jauh dari website MAGMA Indonesia. Tambahannya adalah website ini menampilkan video situasi Gunung Agung secara real-time yang disupport oleh PT. Telkomsel Indonesia. Dengan video real-time ini, pengguna dapat melihat secara langsung aktivitas vulkanik Gunung Agung. Website ini juga menampilkan peta Gunung Agung yang dilengkapi dengan Zona Perkiraan Bahaya sebagai petunjuk daerah yang terkena dampak aktivitas Gunung Agung. Juga dapat dilihat jumlah terjadinya gempa vulkanik yang disebabkan oleh aktivitas Gunung Agung.

[Baca Langkah Aman Menghadapi Hujan Abu Vulkanik]

3. SIGMAL (http://www.sigmal.id/)

Tatap Muka Website SIGMAL. Foto: JN

Tatap Muka Website SIGMAL. Foto: JN

Website SIGMAL menampilkan informasi yang berbeda dari kedua website di atas. SIGMAL adalah singkatan dari Sistem Informasi Geografis Manajemen Pengungsian & Logistik yang dikembangkan oleh STMIK Primakara dan AceNet. Website ini menampilkan informasi mengenai data-data pengungsi lengkap dengan informasi pos pengungsi seperti fasilitas umum dan foto-foto pos pengungsi dan data logistik pada pos pengungsi tersebut. SIGMAL sangat berguna bagi masyarakat yang ingin memberikan bantuan kepada pengungsi Gunung Agung. Melalui website SIGMAL, masyarakat yang ingin memberikan bantuan dapat mengetahui secara detail lokasi pos pengungsi yang membutuhkan bantuan dan jenis logistik apa saja yang dibutuhkan di lokasi tersebut. Dengan demikian, bantuan yang diberikan menjadi tepat sasaran. SIGMAL didukung oleh relawan-relawan yang akan memperbaharui data setiap hari, sehingga masyarakat dapat menyesuaikan bantuan yang ingin diberikan sesuai kebutuhan yang ada.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Total Comments ( 1 )

Comments are closed.