Langkah Aman Menghadapi Hujan Abu Vulkanik

Penampakan Abu Vulkanik Gunung Agung dari Perumahan Warga. Foto: Warga

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

[Karangasem] Gunung Agung akhirnya mengeluarkan abu vulkanik sejak Sabtu (25/11) sore hari. Erupsi dilaporkan masih berlangsung dan bertiup ke arah Timur.

[Baca Abu Vulkanik Gunung Agung Mengarah ke Timur]

Abu vulkanik merupakan salah satu bahaya dari letusan gunung berapi. Abu vulkanik mengandung asam dan berbahaya bagi pernafasan, penglihatan, merusak air tanah dan tanaman. Bila berada di daerah yang terkena dampak abu vulkanik, berikut adalah hal-hal yang perlu dilakukan.

Jangan panik. Panik biasanya dirasakan oleh masyarakat yang berada di daerah terkena dampak hujan abu vulkanik. Namun usahakan jangan panik yang berlebihan dan berusaha kembali tenang. Ketenangan diperlukan agar dapat memantau situasi dan menganalisa informasi terkait hujan abu vulkanik. Dengan demikian, masyarakat dapat berusaha menghindar atau menjauh dari daerah yang mungkin terkena dampak hujan abu vulkanik yang lebih parah.

Bila tidak perlu, jangan keluar rumah. Usahakan tetap berada di dalam rumah. Bila berada di luar rumah atau terjebak hujan abu vulkanik, usahakan untuk segera berlindung di dalam ruangan. Hal ini untuk meminimalisir kontak dengan abu vulkanik.

Ilustrasi Penggunaan Masker untuk Antisipasi Abu Vulkanik. Foto: www.otomotifzone.com

Ilustrasi Penggunaan Masker untuk Antisipasi Abu Vulkanik. Foto: www.otomotifzone.com

Gunakan masker, sapu tangan atau pakaian untuk menutup mulut dan hidung. Bila terpaksa keluar rumah atau ruangan dalam suasana hujan abu vulkanik, gunakan masker, sapu tangan dan atau pakaian atau kain untuk menutup mulut dan hidung. Hal ini untuk mencegah masuknya abu vulkanik ke saluran pernafasan.

Jangan gunakan lensa kontak. Hindari penggunaan lensa kontak saat keluar ruangan. Penggunaan lensa kontak yang terkena abu vulkanik dapat menyebabkan kerusakan kornea mata.

Prioritaskan penggunaan telepon untuk menghubungi telepon gawat darurat. Jangan habiskan baterai telepon anda untuk hal-hal yang tidak perlu. Hemat baterai telepon anda untuk dapat menghubungi nomor-nomor gawat darurat saat diperlukan.

[Baca Gunung Agung Meletus, Masyarakat Diharapkan Tetap Tenang]

Selalu pantau radio lokal atau jalur informasi tentang aktivitas gunung api. Selalu berusaha untuk mendapat informasi dari radio-radio lokal maupun jalur-jalur informasi yang disediakan oleh instansi terkait agar dapat menyesuaikan diri mengikuti perkembangan dari aktivitas gunung api. Dengan mendapatkan informasi yang terkini, masyarakat dapat mengambil keputusan untuk bergerak atau pindah ke tempat yang lebih aman.

Gunakan air yang bersih dan tidak keruh. Jika terdapat abu vulkanik di dalam air, tunggu hingga abu vulkanik tersebut mengendap. Langsung menggunakan air yang berisi abu vulkanik dapat menyebabkan gangguan kesehatan.()

Sumber: dokumen penanggulangan bencana dari IVHHN

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Total Comments ( 1 )

Comments are closed.