Abu Vulkanik Gunung Agung Mengarah ke Timur

Erupsi Gunung Agung. Foto: Warga

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

[Karangasem] Sejak erupsi freatik pertama pada Sabtu (25/11) pukul 17:30 WITA dengan ketinggian 1.500 meter dari puncak kawah, erupsi Gunung Agung masih terus berlangsung. Pada Minggu (26/11) pukul 05.45 WITA, kolom abu kelabu gelap telah mencapai 3000 meter. Kondisi ini terus dilaporkan PVMBG ke BNPB dan instansi-instansi terkait.

[Baca Gunung Agung Meletus, Masyarakat Diharapkan Tetap Tenang]

Pada Minggu (26/11) pukul 06:20 WITA tinggi erupsi mencapai 3.000 meter hingga 4.000 meter dari puncak mengarah ke tenggara dengan kecepatan 18 km per jam. Analisis sebaran abu vulkanik dari satelit Himawari BMKG menunjukkan bahwa sebaran abu mengarah ke timur hingga tenggara menuju ke daerah Lombok. Sifat dan arah sebaran abu vulkanik tergantung dari arah angin.

Penampakan Awan Kelabu Gunung Agung. Foto: Warga

Penampakan Awan Kelabu Gunung Agung. Foto: Warga

PVMBG telah mengeluarkan peringatan penerbangan (VONA, Volcano Observatory Notice for Aviation) dinaikkan dari Orange menjadi Red. Walau demikian, status Gunung Agung masih Siaga (level 3) dengan rekomendasi di dalam radius 6-7,5 km dari puncak kawah harus tidak ada aktivitas masyarakat. Meskipun terjadi erupsi beruntun tetapi tidak ada peningkatan aktivitas vulkanik. Jumlah gempa vulkanik dangkal sebanyak 5 kali, gempa vulkanik dalam sebanyak 4 kali, dan tremor menerus (microtremor) terekam dengan amplitudo 1-2 mm (dominan 1 mm). Tidak ada lonjakan kegempaan.

[Baca Presiden Jokowi : Lebih Dari 30 Tahun Tidak Ada Perubahan Mendasar di Perguruan Tinggi Indonesia]

Hujan abu dilaporkan terjadi di beberapa tempat seperti di Desa Duda Utara, Desa Duda Timur, Desa Pempetan, Desa Besakih, Desa Sideman, Desa Tirta Abang, Desa Sebudi, Desa Amerta Bhuana di Klungkung. Juga terjadi di beberapa desa di Gianyar. BPBD dan instansi terkait di sekitar daerah terdampak, telah mulai mendistribusikan masker kepada masyarakat.

Sumber: www.bnpb.go.id

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Total Comments ( 2 )

Comments are closed.