Festival Gong Kebyar Antar Banjar se Banten

Pemenang Festival Gong Kebyar 2017

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

[Tanggerang] Badan Koordinasi Kesenian Hindu Provinsi Banten menggelar pentas seni budaya keagamaan Hindu yang diberi nama Festival Gong Kebyar antar Banjar se Provinsi Banten tahun 2017. Festival Gong Kebyar diselenggarakan di Wantilan Parahyangan Jagatguru Tanggerang Selatan pada Minggu (22/10) dengan mengambil tema “Kita Wujudkan Keindahan Seni Budaya Hindu dalam Kehidupan Beragama”.

Festival dibuka oleh Pembimas Hindu Kemenag Provinsi Banten, Bapak Sunarto, dengan pemukulan Kulkul (kentongan dari bambu). Dalam sambutannya, Pembimas memberikan dukungan yang sangat luar biasa pada kegiatan festival ini, yang tentunya akan mempopulerkan kebudayaan Hindu di Provinsi Banten. Festival Gong Kebyar diikuti oleh seluruh Banjar Suka Duka se Provinsi Banten, kecuali Banjar Ciledug. Walau demikian, Banjar Ciledug menampilkan Sekeha Gong Wanita sebagai pembuka acara Festival Gong Kebyar.

Ilustrasi Gong Kebyar Wanita. Foto: wikimedia.org

Ilustrasi Gong Kebyar Wanita. Foto: wikimedia.org

Festival ini dihadiri oleh Ketua PHDI Provinsi Banten, Ida Bagus Alit Wiratmaja. Dalam sambutannya, beliau memberikan apresiasi yang sangat positif akan kegiatan ini. Ketua panitia, I Wayan Kurnada dalam laporannya menyampaikan bahwasanya kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pembinaan pada sekeha Gong di Provinsi Banten serta memberikan motivias kepada banjar-banjar untuk lebih giat dalam berkesenian.

Panitia juga mengundang dewan juri profesional dari DKI Jakarta, Bapak Anak Agung Panji dan Bapak Wayan Arnawa. Para pengamat seni ini menilai penampilan dari 5 kontestan Sekeha gong yaitu :

1. Gita Merdangga Kertajaya Tangerang
2. Gita Wira Nare Swara Serang
3. Sekeha Gong Megambel Tigaraksa
4. Sekeha Gong Mertasari Rempoa
5. Karawitan Jagatguru Tangerang Selatan

Pemenang Lomba :

Juara 1 : Sekeha Gong Mertasari Banjar Rempoa.
Juara 2 : Sekeha Gong Gita Wira Nare Swara Banjar Serang.
Juara 3 : Sekeha Kerawitam Jagatguru Tangerang Selatan.

Juara Harapan 1 : Sekeha Gong Gita Merdangga Kertajaya Tangerang.
Juara Harapan 2 : Sekeha Gong Megambel Tigaraksa.

Semua pemenang memperoleh piala dan uang pembinaan.()

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry